fbpx
Kesehatan
Apa itu VCO? Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Apa itu VCO? Salah Satunya Menurunkan Berat Badan

Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa murni yang dihasilkan dari pengolahan daging buah kelapa. VCO diperoleh dari daging buah kelapa yang sudah tua tetapi yang masih segar yang diproses tanpa pemanasan, tanpa penambahan bahan kimia apapun, diproses dengan cara sederhana sehingga diperoleh minyak kelapa murni yang berkualitas tinggi. VCO diolah dengan metode secara fisika atau biokimia untuk menghasilkan minyak kelapa murni dengan karakter kadar air dan asam lemak bebas yang rendah, berbau harum dan daya simpan yang lebih dari 12 bulan, serta terbebas dari radikal bebas akibat pemanasan. Proses untuk membuat minyak kelapa dari daging buah kelapa segar dikenal dengan nama proses basah (wet process), karena pada proses ini ditambahkan air untuk mengekstraksi minyak. Sedangkan pembuatan minyak kelapa dengan bahan baku kopra dikenal dengan proses kering (dry process).

Keunggulan dari VCO yaitu jernih, tidak berwarna, tidak mudah tengik dan mengandung asam lemak tidak jenuh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak kelapa murni tidak mudah tengik karena kandungan asam lemak jenuhnya tinggi sehingga proses oksidasi tidak mudah terjadi. Namun, bila kualitas VCO rendah, proses ketengikan akan berjalan lebih awal. Hal ini disebabkan oleh pengaruh oksigen, keberadaan air, dan mikroba yang akan mengurangi kandungan asam lemak yang berada dalam VCO menjadi komponen lain.

Berikut manfaat dari Virgin Coconut Oil (VCO) :

  1. Merupakan antimikroba, antivirus, antijamur, dan antiprotozoa alamiah
  2. Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah
  3. Mencegah penyakit osteoporosis
  4. Menurunkan Kadar Gula Darah
  5. Mencegah kanker
  6. Mencegah penyakit liver
  7. Menurunkan berat badan
  8. Menjaga stamina tubuh
  9. Memelihara kesehatan Kulit

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dosis yang digunakan orang dewasa bertubuh sedang adalah sekitar 31/2 sendok makan (sdm) atau 50 gram minyak kelapa sehari. Dari dosis tersebut, jumlah MCT yang diperoleh sama dengan MCT yang diperoleh dari 7 ons kelapa mentah. Penelitian memperlihatkan bahwa efek antimikroba akan meningkat sejalan dengan penambahan penggunaan minyak kelapa. Beberapa penelitian klinis menyatakan bahwa minyak kelapa masih aman dikonsumsi 10 gram/kg berat badan. Orang dengan berat badan sekitar 70 kg dapat mengonsumsi sekitar 5 sendok makan. Namun, yang paling umum dosis yang digunksn 2-3 sendok makan perhari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *