fbpx
Kesehatan
PROMIL – Program Hamil efektif mendapatkan momongan

PROMIL – Program Hamil efektif mendapatkan momongan

Promil – Kehamilan merupakan sesuatu yang dinantikan bagi sebagian besar pasangan suami istri yang baru menikah. Terjadinya kehamilan pada pasangan suami istri yang sehat dan subur setelah berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi adalah sekitar 15–25 persen. Hal ini tentunya juga perlu didukung oleh cara program hamil yang tepat demi mendapatkan kehamilan yang sehat. Ada beberapa faktor yang berkaitan dan disebut bisa membantu meningkatkan peluang hamil. Nah, simak dan lakukan beberapa hal di bawah ini  dengan pasangan anda  agar tingkat keberhasilan program hamil bertambah.

  1. Hentikan KB dan alat kontrasepsi lainnya

Jika sebelunya anda menggunakan alat kontrasepsi apapun, seperti kondom, pil KB, suntik KB, spiral, atau impan, sebaiknya segera dihentikan beberapa bulan sebelum anda dan suami memulai program hamil

Pada wanita yang telah mengonsumsi kontrasepsi oral dalam waktu yang lama, tubuh mungkin membutuhkan waktu hingga beberapa kali siklus menstruasi agar bisa mulai berovulasi secara teratur lagi dan siap untuk hamil.

  • Ketahui kapan masa subur

Pada masa subur, proses pembuahan menjadi lebih tinggi sehingga peluang wanita hamil lebih besar. Namun, bukan berarti kamu dan pasangan hanya perlu melakukan hubungan intim pada masa subur saja. Masa subur merupakan masa ovulasi, yaitu ketika ovarium melepaskan sel telur. Ovulasi terjadi kira-kira 14 hari sebelum menstruasi dimulai. Masa subur biasanya terjadi beberapa hari setelah haid, tergantung pada siklus menstruasi Anda. Tanpa mengetahui masa subur, Anda akan lebih sulit hamil walaupun sudah sering melakukan hubungan intim. Sebagai alat bantu untuk mengenali masa subur, Anda bisa menggunakan alat prediksi ovulasi atau metode suhu basal tubuh.

  • Rutin berhubungan intim

Agar lebih cepat hamil, hindari kebiasaan membatasi waktu seks. Memang terlalu banyak melakukan hubungan bisa memberi efek samping, tetapi terlalu jarang malah bisa menurunkan peluang hamil. Selain itu, sering melakukan hubungan suami istri dapat membantu pria memproduksi sperma yang lebih sehat dan aktif.

Beberapa  ahli mengatakan bahwa produksi sperma tertinggi berada pada pagi hari. Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk melakukan hubungan seksual di pagi hari saat promil.

  • Menerapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup yang dijalankan ternyata bisa memengaruhi peluang pasangan untuk memperol kehamilan. Pastikan untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat agar promil bisa sukses.

Terapkan pola hidup sehat dengan menjaga berat badan ideal, menghindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebih, menghentikan kebiasaan merokok, rutin berolahraga, Di antaranya, seperti menghindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebih, menghentikan kebiasaan merokok, serta belajar mengelola stres dengan baik. Kelelahan pada fisik dan emosional juga bisa menurunkan peluang hamil.

  • Terapkan pola makan sehat

Perbanyak makanan sehat yang bernutrisi tinggi untuk meningkatkan kesuburan kandungan dan kualitas sperma. Pastikan Anda mengonsumsi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian utuh, susu rendah lemak, makanan berprotein dan kaya akan zat besi. Hindari makanan siap saji serta minuman bersoda. Batasi juga asupan gula dan kafein.

  • Istirahat yang cukup

Pasangan yang memiliki waktu tidur yang cukup disebut mampu memiliki tingkat kesuburan lebih baik. Untuk itu, hindari kebiasaan kurang tidur jika kamu dan pasangan tengah merencanakan kehamilan.

Idealnya, pria membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Kebiasaan kurang tidur dapat berdampak pada kesuburan, yaitu menyebabkan penurunan performa saat berhubungan intim dan kualitas sperma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *